TUGAS  7

  1. Jelaskan 5 kosep pemasaran ?…
  2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran ?….
  3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?…
  4. Jelaskan dengan singkat apa yang di maksud dengan marketing mix ?…

JAWAB

  1. 1. 5 Konsep pemasaran

 

Konsep pemasaran yaitu adalah konsep suatu bisnis yang menganggap konsumen hanya akan menyukai produk apabila dapat memenuhi atau memuaskan kebutuhanya dan keinginanya.

 

  1. i. Konsep Pengeluaran

Konsep Pengeluaran adalah berasaskan kepercayaan bahawa pengguna lebih berminat membeli produk yang berharga murah serta mudah diperolehi. Oleh itu, industri akan memberi tumpuan kepada kecekapan pengeluaran produk dalam jumlah yang tinggi, menggunakan kos sumber yang rendah, menawarkan harga jualan yang murah dan mengadakan liputan pengedaran yang luas.

 

  1. ii. Konsep Produk

Konsep Produk adalah berasaskan kepada prinsip bahawa pengguna akan menghargai dan lebih mengutamakan produk yang menawarkan kualiti, prestasi dan ciri-ciri inovatif yang terbaik.  Untuk itu, industri akan memberi lebih tumpuan kepada merekacipta produk yang berprestige – mempunyai attribute dan value yang terbaik dalam kelasnya yang tersendiri –  serta menyempurnakan pengeluarannya walaupun dengan kos yang tinggi.

 

  1. iii. Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran berbeda dengan tiga konsep yang dinyatakan di atas. Konsep ini berorientasikan memenuhi keperluan dan kemahuan pengguna dengan efektif, sedangkan tiga konsep sebelumnya berorientasikan kepentingan industri untuk menjual produk.

Empat perkara berikut merupakan prinsip utama yang menjadi tonggak kepada  konsep pemasaran ini, yaitu:

  • Pasar sasaran – memiilih pasar sasaran yang tepat dan membentuk aktiviti pemasaran dengan sempurna.
  • Keperluan pengguna memahami kehendak sebenar pengguna dan memenuhinya dengan lebih efektif.
  • Pemasaran berintegrasi – kesemua fungsi / sub-unit industri bekerjasama memenuhi tanggungjawab pemasaran.
  • Keuntungan – mencapai keuntungan melalui kepuasan pelanggan.
  1. iv. Konsep Kesejahteraan

Konsep Kesejahteraan adalah langsungan daripada Konsep Pemasaran di mana ia ditambah dengan unsur-unsur  kepekaan industri terhadap kesejahteraan pengguna serta masyarakat keseluruhan. Ianya berasaskan prinsip bahawa industri mempunyai tanggunjawab sosial yang perlu dipenuhi dalam masa ia bertindak   mencapai objektifnya.

  1. v. Konsep Jualan

Konsep Jualan  berorientasikan menjual produk melalui kaedah pemasaran yang lebih agresif.  Industri yang memilih konsep ini percaya bahawa pengguna mempunyai minat yang rendah untuk membeli produknya serta tidak akan membeli produk dengan mencukupi sebagaimana diharapkan sekiranya tidak didorong.

 

 

  1. 2. Pasar dengan Pemasaran… Jelaskan  & Sebutkan

 

Pasar : adalah suatu tempat bertemunya Penjual dan Pembeliuntuk melakukan transaksi atas barang yang di perdagangkan, sehingga menjadi sarana tempat menjual dan menbeli barang.

Pemasaran : adalah suatu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit maupun non profit) guna untuk memenuhi kebutuhan pasar denga barang maupun jasa, untuk dapat menetapkan harga, mendistribusikan,serta mempromosikan melalui pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tijuan perusahaan.

 

  1. 3. Perbedaan kebutuhan dan Keinginan berdasarkan kosep inti pemasaran…

“ Konsep inti Pemasaran terbagi Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan “

Kebutuhan Pemasaran

Kebutuhan pemasaran intinya hanya pemuas dasar sehingga sangat membutuhkan untuk proses kegiatan pemasaran. Pada dasarnya menjadi hak milik dan nilai untuk  mencukupi sarana-sarana yang digunakan kegiatan proses pemasaran.

 

Keinginan Pemasaran

 

Keinginan Pemasaran hasrat akan pemuas kebutuhan yang lebih spesifik.

 

Contoh : Orang daerah perkotaan membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman berkarbonisasi. Dalam masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi dengan cara lain. Seorang yang lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan nasi, buah-buahan, dan kacang. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman.

 

  1. 4. MARKETING MIX

Atau yang biasa di sebut 4P atau 6P

4P adalah

 

  • Produk ( Product ) : Menyangkut pemilihan barang dan jasa secara tepat dan efisien ditawarkanya.
  • Harga ( Price ) : Menyangkut penetapan harga jual yang sesuai kualitas maupun kuaintitas barang dan dapat di jangkau Konsumen.
  • Tempat ( Place ) : Menyangkut cara pendistribusian barang dan jasa hingga  sampai ke tangan Konsumen.
  • Promosi ( Promotion ) : Menyangkut pemilihan kebijakan promosi yang tepat sesuai dengan berang maupun  jasa yang di terima Konsumen.

 

6P adalah

  • Proses ( Proces ) : Menyangkut proses pembuatan barang mentah diubah menjadi barang setengah jadi sehingga menjadikan barang yang siap di pakai Konsumen.
  • Manusia ( People ) : Menyangkut tenaga kerja dalam proses pembuatan barang maupun jasa yang telah di kerjakan sehingga mencapai hasil yang maksimal.